PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Penulis

  • Aldarmono Aldarmono STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.73

Kata Kunci:

Edutainment, IPA, Keterampilan Proses

Abstrak

Pendekatan edutainment pada hakikatnya pembelajaran mengutamakan permainan yang menghibur dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan yang berakumulasi dan tersusun mengenai alam dan gejalanya. Pada hakikatnya IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai sikap ilmiah, ketiga-tiganya harus diwujudkan dalam pembelajaran. Dalam pendekatan edutainment IPA SD pada dasarnya upaya mewujudkan suatu pembelajaran menyenangkan yang berorientasi pada siswa dalam mencari dan menemukan konsep, prinsip, dan fakta IPA. Pembelajara IPA melibatkan keterampilan proses, yakni metode ilmiah dalam menemukan sebuah pengetahuan. Adapun metode ilmiah IPA antara lain menggunakan langkah sebagai berikut; mendefinfisikan masalah, mengumpulkan informasi yang sesuai, menyusun hipotesis, menguji hipotesis, merekam dan menganalisa data, dan menarik kesimpulan.

 


Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Aldarmono Aldarmono, STAI NGAWI

STAI NGAWI

Referensi

BNSP, Standar Isi Mata Pelajaran IPA SD, Jakarta, 2006.

Carin, Arthur A., dan Sund, Robert B., Teaching Science Through Discovery Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company, 1989.

Gagne, Robert J., dan Briggs, Leslie J., Principles of Instructional Design, New York: Holt Rinehart and Winston, 1979.

Miarso, Yusufhadi, Menyemai benih Teknologi pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004.

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Hendro Darmodjo & Jenny R.E. Kaligis Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, 1993

Iskandar, Srini M. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan direktorat Jendral Perguruan Tinggi, 2004

Samatowo, Usman, Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar, DEPDIKNAS, 2006.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Smith, Patricia L., dan Ragan, Tillman J., Intructional Design, New York: Macmillan Publising Company, 1993

##submission.downloads##

Abstrak View: 1825,

Diterbitkan

2015-09-01

Terbitan

Bagian

Articles