PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA

Penulis

  • Rohmatun Nurul Hidayah STAI NGAWI

DOI:

https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.89

Kata Kunci:

Pendidikan Anak Usia Dini, Ki Hajar Dewantara

Abstrak

Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh karena itu, PAUD memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Salah satu Tokoh yang terkenal dan mempunyai konsep yang bagus adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah seorang pelapor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Beliau lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Ki Hajar Dewantara memandang anak sebagai kodrat alam yang memiliki pembawaan masing-masing serta kemerdekaan untuk berbuat serta mengatur dirinya sendiri. Ciri khas dari pendidikan anak usia dini Ki Hajar Dewantara adalah: Budi Pekerti, Sistem Among Teori Trikon dan Tri Pusat Pendidikan. Implementasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini dengan menerapkan konsep belajar sambil bermain dan pemberian teladan dengan metode dongeng. Alat pendidikan yang digunaka Beliau untuk mendorong keberhasilan proses pendidkan adalah dengan motivasi, penguatan, penghargaan dan sangsi sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rohmatun Nurul Hidayah, STAI NGAWI

STAI NGAWI

Referensi

Hariyanti, Dwi dan Sukiram. Strategi Pengembangan Moral Anak Usia Dini. Salatiga: Widyasari Press. 2001.

Soejono. Aliran Baru dalam Pendidikan Bagian KE-I. Bandung: CV Ilmu. 1988.

Sujiono, Yulian Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. 2011

Suyadi dan Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.

##submission.downloads##

Abstrak View: 4668,

Diterbitkan

2015-09-01

Terbitan

Bagian

Articles