PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL MELALUI PENERAPAN METODE STEAM

Penulis

  • Muhibbah Suraiya Irham Irham UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ahmad Syukri Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.807

Kata Kunci:

Literacy, STEAM, Freedom to lear early childhodd

Abstrak

Pera orang tua dalam membangun literasi digital melalui penerapan metode steam menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Memiliki tiga siklus. Pada siklus pertama 3,2667 (Mulai Muncul) dengan nilai sd  sebesar 0.7988, pada siklus kedua sebesar 6,2 (Berkembang sesuai harapan) dengan nilai sd sebesar 0.7746 Dan pada siklus ketiga, diperoleh 7,6 dengan nilai sd sebesar 0,5071. Hal ini membuktikan bahwa Peran Orang tua dalam membangun literasi digital melaui steam pada anak usia dini memiliki pengaruh yang signifikan literasi digital pada penerapan steam.

Referensi

A. Nuraeni, “Peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul,” Pendidik. Guru PAUD S-1, vol. 5, pp. 245--256, 2016.

A. Widyastuti, “Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis,” Elex Media Komputindo, 2017.

I. R. and others Cahyani, “Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan literasi dini (early literacy) di kabupaten sidoarjo,” 2017.

M. Saripudin, Aip and Zahrani, “Evaluasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Raudhotul Athfal,” Indones. J. Islam. Early Child. Educ., vol. 1, pp. 99--110, 2020.

S. Arikunto, “arikunto2002dkk, title={dkk. 2006},” Penelit. tindakan kelas, pp. 36--40, 2002.

Z. Agus, “Peranan Orang Tua dalam membina Kecerdasan Spiritual Anak dalam Keluarga,” Raudhah Proud To Be Prof. J. Tarb. Islam., vol. 4, pp. 27--42, 2019.

##submission.downloads##

Abstrak View: 516,

Diterbitkan

2023-03-22