PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA DONGENG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.810Kata Kunci:
Learning Media, Animation Videos, , Listening Skills, Fairy TalesAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan respons peserta didik pada penggunaan video animasi pada keterampilan menyimak cerita dongeng kelas II di SDN Bringinbendo 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Dari paparan diatas menguatkan penelitian tentang menggunakan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menyimak siswa dapat menarik dan aktif sehingga guru harus menggunakan media agar siswa tidak merasa bosan dan mudah memahami. Sehingga guru saat pembelajaran tidak menggunakan metode ceramah saja. Guru juga harus inovatif dalam menggunakan media untuk digunakan saat pembelajaran agar bisa sesuai dengan pembelajaran yang di inginkan, serta siswa juga pada pembelajaran dapat maksimal, siswa mudah guru yang masih menyampaikan cerita dongeng tanpa menggunakan media lain kecuali buku tematik yang terdapat cerita dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan” dengan secara langsung dibacakan pada peserta didik, serta guru tidak sempat membuat media karena banyak pekerjaan. Hal ini sudah sering digunakan sehingga siswa merasakan bosan dan biasa saja dalam pembelajaran cerita dongeng. Ada beberapa siswa yang tidak menyimak karena siswa merasakan bosan dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jumlah partisipan sebanyak 10 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Pengumpulan data ini dengan observasi, angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, analisis data ini menggunakan reduksi data, bentuk data dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa video animasi sangat cocok digunakan pada menyimak cerita dongeng karena dapat mempermudah siswa mengingat cerita, mengetahui amanat cerita dan video animasi membuat siswa lebih aktif, tertarik dan antusias. Media ini sangat membantu mereka dalam menyimak cerita dongeng, dan di dalam video animasi ini terdapat gambar animasi bisa bergerak dan terdapat suara.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Keterampilan Menyimak, Cerita Dongeng
Referensi
Afridzal, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Banda Aceh. Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021.
Aswita, Dian, D. (2022). Pendidikan Literasi : Memenuhi Kecakapan Abad 21 (M. Ismail, Nyak (ed.); Juni 2022). K-Media.
Azizah, A., Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis Teknik Menyimak Puisi Melalui Video Animasi Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Triharjo. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/8172
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5((2)).
Fradana, Ahmad, N. (2020). keterampilan Berbahasa. In A. Qibthiya, Maria (Ed.), Diksi (Maria Al Q). Diksi.
Ihdina Khusnasani , Retno Winarni, R. (2017). Penerapan Metode Edutainment Berbasis Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria.
Ikhbal, Y. M., Hidayat, E., & Rahayu, P. (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Dongeng dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Animasi Video pada Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1918%0A http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/download/1918/1769
Julian, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital Untuk Sekolah Dasar (D. Iswara, Prana (ed.); November 2). CV. Caraka Khatulistiwa.
Kusumaningrum, E. (2021). Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak (Maret 2021). 2021.
Musafarrohah, L., & Rukmi, A. S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Dua Dimensi Untuk Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(5).
Nafi’ah, Siti, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/ MI (N. Hidayah (ed.); 2018th ed.). Ar-Ruzz Media.
Pranata, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2016). Pemanfaatan Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. Proseding.
Prasetiyo, F. A., & Rahayu, E. M. (2022). Students ’ Perception Of Using Students Team Achievement Division In Teaching Wtriting. International Conference on Language and Language Teaching.
Prasrihamni, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Menulis Narasi PadaPada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Buah Hati, 6(2).
Stenberg, K., & Maaranen, K. (2020). Promoting practical wisdom in teacher education: a qualitative descriptive study. European Journal of Teacher Education. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1860012
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (September). Alfabeta.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1129
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. Il. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Sandhyakala, 2(2). https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. Sirate, Sitti, Fatimah (ed.); 2018th ed.). Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Beby Zein Rismala, Ermawati Zulikhatin Nuroh

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/kurikula/.








