ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MEDIA GAMBAR KARTU TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA

Penulis

  • Utia Virli Susanti Institit Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
  • Ruliana Fajriati Institit Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
  • Desy Susanti Institit Agama Islam Lukman Edy

DOI:

https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.836

Kata Kunci:

Learning Process Analysis, Card picture media, Children of 5-6 Years old

Abstrak

Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran juga memerlukan perencanaan yang baik pula. Kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun dapat di berikan stimulasi yang baik dengan menggunakan media gambar kartu. Medianya dapat menarik minat dan perhatian anak, menuntutnya dalam penyajian lebih jelas dan mempermudah anak terhadap apa yang disampaikan pendidik. Sehingga kemampuan berbicara anak di usia 5-6 tahun yang kurang dapat di atasi dengan media gambar kartu. Dengan demikian ada tiga fokus utama dalam penelitian ini, pertama proses pembelajaran media gambar kartu terhadap kemampuan berbicara anak, kedua desain pembelajaran media gambar kartu terhadap  kemampuan berbicara anak, ketiga hasil dari penggunaan media gambar kartu terhadap kemampuan berbicara pada anak.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, penyimpulan. Selanjutnya untuk mengetahui uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dengan menggunakan sumber teknik satu penelitian ganda.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran dengan media gambar kartu dapat di lihat dari perencanaan guru menggunakan prosedur terkait tema yang diajarkan, peralatan penggunaan media, system kelompok, variasi media gambar, RPPH. (2) desain pembelajaran dengan media gambar kartu dapat dilihat dari kegiatan pembuka, yang menjelaskan terkait melatih pembiasaan, kegiatan inti terdapat penjelasan media, variasi warnanya. Dan kegiatan penutup menjelaskan terkait pengulangan proses belajar.(3) hasil dari penggunaan media gambar kartu, dapat dilihat dari pengamatan seperti mengamati aktivitas belajar peserta didik, kemudian catatan menyeluruh yang mencatat berbagai aktivitas belajar peserta didik, dan kemudian buku laporan mingguan (buku penghubung) yang merekap kegiatan anak selama satu minggu. 

Referensi

Ambarsari, E., Syukri, M., & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemandirian anak melalui metode pembiasaan usia 4- 5 tahun di taman kanak kanak mujahidin i. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(9), 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6189

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1, No.

Beverly Otto. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenada Media Group.

Dwi Nami Karmila, dkk. (2018). Kemampuan, Meningkatkan Di, Berbicara Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling SalaTiga”, TK Apple Kits. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 12, N.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. (2014). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Ibu Endah Tri Wuryani wali dari Jasmine Al-Awalia. (n.d.). Hasil wawancara dengan ibu Endah Tri Wuryani wali dari Jasmine Al-Awalia.

Lilis Madyawati. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana.

Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Muhammad Fadilah. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Ruzz Media.

Muhammad, I. S. wali dari, & Iqbal. (n.d.). Hasil wawancara dengan ibu Susilo wali dari Muhammad Iqbal, 14 januari 2020.

Nurbiana Dhieni, D. (n.d.). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Purwati, S. (2019). Hasil wawancara dengan Ibu Sriani Purwati, kepala sekolah TK Aisyiyah.

Rohani, I. (2020). Hasil wawancara dengan Ibu Rohani, guru B2 di TK Aisyiyah.

Sanjaya, W. (2015). , Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana.

Sigit Purnama, dkk. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sundari Septiyani, D. (2017). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia PG PAUD FKIP UNIB, Vol.2. No.

##submission.downloads##

Abstrak View: 634,

Diterbitkan

2023-03-21