Analisis Perkembangan kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Montessori
DOI:
https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i2.856Kata Kunci:
Basic Reading , Elementary School Students , The Montessori MethodAbstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan membaca permulaan pada siswa yang mengalami kesulitan membaca menggunakan metode Montessori studi kasus siswa sekolah dasar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dan bentuk penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan tahap pembelajaran membaca menggunakan metode Montessori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah asesmen membaca permulaan. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil nilai pre-test dan post-test. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan SPSS dengan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Uji paired sample t-test Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga perbedaan nilai pre-test dan post-test signifikan. Uji Independent t-test Sig. (2-tailed) 0,011 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara beda hasil pre-test dan post-test siswa kondusif dengan siswa tidak kondusif. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Montessori efektif dalam meningkatkan perkembangan kemampuan membaca permulaan siswa akan tetapi perbedaan efektifitas metode Montessori dapat berbeda berdasarkan kondusifitas siswa.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar, Metode Montessori.
Referensi
Aay Aay. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Montessori Pada Siswa Kelas I di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JIPGSD), 9(1), 70–110.
Amanda, G., & Ariotedjo, M. (2020). Apa Sih Merode Montessori? - Gianti Amanda, S.Psi, Mont. Diploma . Youtube; Tentang Anak . https://youtu.be/oMmq0bgU_Kc
AVE CHRISTY, R. A. H. E. L. (2020). THE CORRELATION BETWEEN READING COMPREHENSION AND WRITING ABILITY OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 11 PALEMBANG. http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/744
Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1411
Ernawati, E. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Montessori Berbantuan Media Movable Alphabet Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 57 Di Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 153–161. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.104
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Montessori, M. (2020). Dr. Montessori’s Own Handbook (V. D. Paramita & P. Utami, Eds.). Bentang Pustaka.
Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. AR-RUZZ MEDIA.
Nurrahman, A. (2016). Asesmen Membaca A. Kisi-Kisi Instrumen Asesmen Membaca Permulaan. Academia Edu. https://www.academia.edu/24225421
Paramita, V. D. (2020). Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja. Bentang Pustaka.
shorturl.at/qrtuD
Raharjo, S. (2016). SPSS Indonesia Olah Data Statistik dengan SPSS. http://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t-test-dan.html
Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Montessori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 75–81.
Shofiah, V., Silvi, Y., & Mawaddah, A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK MELALUI METODE MULTISENSORI. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 9(1), 58–69. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i1.6763
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). ALFABETA.
Zahira, Z. (2020). Membaca Menulis Menyenangkan ala Montessori bersama Zahra Zahira. In Youtube Talk Show. Tobing Lely. https://youtu.be/BB9uN99RiYk
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wanda Alifia Nur Aminullah , Vevy Liansari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://iaingawi.ac.id/ejournal/index.php/kurikula/.








